Bagaimana Cara Memulai Investasi Dibawah 1 Jam ?

Kata “investasi” bisa menjadi sangat menakutkan, tetapi jika anda baru memulai investasi maka dapat dibantu dengan alat-alat dan teknologi baru. Hampir semua warga Amerika terkaya memiliki investasi pasar saham yang besar, dan beberapa orang seperti Warren Buffett dan Carl Icahn membangun kekayaannya disini.

Jika anda bertanya-tanya, bagaimana cara untuk memulai investasi di pasar saham; baca terus untuk mendapatkan pilihan yang tepat guna memulai investasi dibawah 1 jam.

  • Dasar-dasar pasar saham

Sebuah bentuk saham merupakan pemegang kepemilikan kecil di sebuah perusahaan. Secara publik diperdagangkan melalui perusahaan yang mengeluarkan saham dalam pertukaran untuk investasi uang tunai selama masa penawaran public awal atau IPO. Setelah saham tersebut dikeluarkan, mereka dapat dijual di pasar sekunder, atau yang juga dikenal sebagai bursa.

Bursa saham yang paling penting dan harus anda ketahui adalah New York Stock Exchange dan NASDAQ. Ini adalah dimana saham dapat dibeli dan dijual atas nama perusahaan investasi terbesar dan investor individu seperti anda dan saya.

Sedangkan dasar perdagangan bursa yang digunakan untuk menjadi menarik dan bersemangat, sebagian besar perdagangan hari ini berlangsung pada sistem komputerisasi dimana tidak ada makelar saham manusia yang terlibat dalam transaksi.

Harga satu bentuk saham yang anda lihat saat mencari harga saham adalah harga perdagangan terakhir. Setiap kali perdagangan terjadi, harga diperbaharui untuk mencerminkan harga pasar terbaru. Beberapa saham seperti Apple dan Walmart memperdagangkan puluhan juta saham setiap harinya. Saham lainnya, seperti saham Berkshire Hathaway’s kelas A, rata-rata hanya memperdagangkan beberapa ratus saham perharinya.

Setiap saham di bursa utama memiliki simbol penting, seperti AAPL untuk Apple dan WMT untuk Walmart. Simbol itu adalah sesuatu yang orang masukkan saat memperdagangkan saham dalam perusahaan tersebut.

  • Perusahaan tunggal VS Reksa dana

Membeli dan menjual saham “panas” memang menarik, tetapi tidak selalu menjadi langkah finansial terbaik. Sebagian besar investor individu hanya memiliki uang pas-pasan untuk berinvestasi dalam beberapa perusahaan. Sedangkan hal ini bisa menyenangkan, jika salah satu dari perusahaan-perusahaan tersebut memiliki laporan laba yang buruk, hal itu bisa merepotkan seluruh portofoliomu.

Saat anda belajar tentang bagaimana cara untuk memulai investasi didalam pasar saham, anda akan menemukan bahwa banyak investor individu yang membeli reksa dana. Hal ini memungkinkan anda untuk membeli banyak saham sekaligus hanya dengan satu biaya perdagangan.

Saat anda membeli reksa dana, manajer investasi professional membeli dan menjual saham atas nama setiap investor dalam dana tersebut. Diversifikasi yang berarti bahwa jika salah satu saham anjlok, anda masih memiliki banyak perusahaan lainnya untuk menjaga portofoliomu agar tetap stabil.

Dalam kebanyakan kasus bagi perorangan, hasil terbaik muncul dari pasar invesatsi yang luas seperti reksa dana. Bagi kebanyakan investor individu, cara terbaik untuk memulainya adalah dengan dana indeks, jenis reksa dana yang melacak indeks pasar saham utama.

Investor legendaris yaitu Warren Buffett menunjukkan bahwa seseorang akan jauh lebih baik jika berinvestasi di biaya yang rendah menggunakan dana indeks S&P 500 dan Vanguard, sebagai contohnya.

  • Pilihan investasi saat memulainya

Sekarang anda telah memahami dasar-dasarnya, selanjutnya kita akan melihat beberapa pilihan yang dapat anda ambil untuk memulai invetasi saat ini juga.

  1. Akun makelar biasa

Makelar saham yang besar seperti Charles Schwab, Fidelity, Scottrade, eTrade, dan TradeKing menawarkan pilihan saham murah, dan perdagangan reksa dana secara kompetitif. Pendaftaran dengan salah satu makelar ini hanya membutuhan waktu beberapa menit, dan setelah anda mendanai akunmu, anda dapat memulai perdagangan dengan cepat.

  1. Betterment

Saat berinvestasi tahap awal tanpa harus memilih saham, obligasi dan reksa dana itu sendiri; “penasihat-Robo” seperti Betterment adalah pilihan yang tak kalah bagus.

Investor yang baru didalam Betterment harus mengisi survey tentang tujuan investasi dan toleransi resikonya, dan Betterment akan melakukan tugasnya untuk anda, menginvestasikan dana akun anda dalam reksa dana yang telah digabungkan serta disesuaikan dengan tujuan anda.

  1. Acorns

Hampir setiap kali anda menggunakan kartu debit atau kreditmu, transaksi selalu berakhir dengan sejumlah sen. Acorns memungkinkan and auntuk membulatkannya ke dolar terdekat guna mendanai akun investasimu. Setiap sen tersebut dan dana lain akan ditransferkan secara manual sehingga dapat bertambah dengan cepat.

  1. Robinhood

Sir Robin dari Locksley mencuri dana dari orang kaya dan memberikannya kepada orang miskin. Robinhood, makelar saham termuka yang memiliki tujuan yang sama: untuk membantu para investor menghindari biaya perdagangan yang mahal sehingga para investor dapat membeli dan menjual saham secar gratis. Memang benar, tidak ada biaya perdagangan yang dikenakan disini.

  1. Honest Dollar

Saat ini dimiliki oleh investasi bank Wall Street – Goldman Sachs, Honest Dollard difokuskan untuk membantu orang menabung dana pensiun yang dimulai dengan investasi yang sangat kecil. Semuanya dimulai dengan dolar pertamamu, jadi jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk berinvestasi, jangan takut. Jika anda ingin memulai dengan modal kecil, Honest Dollar merupakan pilihan yang tepat.

  1. SoFi

Ketika mereka dikenal untuk mendanai kembali pinjaman pendidikan, SoFi juga menawarkan produk manajemen kekayaan yang ditujukan kepada investor Millennial dan Generation X. Layanan investasi biaya rendah SoFi ini memberikan anda akses ke penasihat investasi. Untuk peminjam di SoFi, produk manajemen kekayaannya dihadirkan secara gratis.

  • Memulai investasi tidak pernah secepat ini

Anda tidak perlu menjadi seorang jutawan untuk berinvestasi. Bahkan, anda tidak perlu menjadi seperti Warren Buffett. Menabung untuk masa pensiun dan masa depanmu adalah hal penting, dan berkat nilai uang dari waktu ke waktu, semakin cepat anda memulai investasi maka semakin baik pula hasil yang anda dapatkan nantinya.

Jadi, tunggu apa lagi?